11 Tips Aman Bepergian Saat Hamil Muda

Seorang ibu hamil biasanya memiliki kekhawatiran yang berlebih, teutama bagi anda yang sedang mengandung anak pertama. Para ibu hamil harus senantiasa menjaga keselamatan selain demi kebaikannya sendiri, seorang ibu juga harus menjaga anak yang sedang dikandungnya. Lalu apakah bepergian bagi ibu hamil muda di perbolehkan?.

11 Tips Aman Bepergian Saat Hamil Muda

Sebenarnya ada waktu-waktu ideal wanita yang sedang hamil sebaiknya jangan melakukan perjalanan jauh, yaitu , yaitu pada usia kandungan memasuki 12 minggu pertama dan setelah memasuki 36 minggu. Karena minggu pertama kehamilan tingkat resiko kegugurannya masih tinggi, apalagi adanya faktor ngidam yang biasanya timbul rasa mual  dan muntah yang berlebihan. Dan di akhir usia kehamilan juga sebaiknya jangan melakukan bepergian jauh, karena lebih rentan capek, lelah, sulit untuk untuk bergerak, dan duduk dalam waktu lama agak sedikit kesulitan karena kondisi perut yang sudah membesar.

Namun jika ada beberapa faktor yang mengharuskan seorang ibu hamil melakukan perjalanan jauh, maka sebaiknya anda memperhatikan beberapa tips aman bepergian saat hamil muda dibawah ini:

  1. Hal pertama yang harus dilakukan oleh seorang ibu hamil saat akan melakukan perjalanaan jauh adalah dengan mengkonsultasikan terlebih dulu ke dokter kandungan atau dokter pribadi anda. kemudian melakukan pemerikasaan kandungan, jika kondisi sang ibu dan kandunganya dirasa aman serta memungkinkan untuk bepergian jauh, maka dokter  pun akan menginjinkannya dengan memberikan beberapa wejangan.
  2. Waktu yang paling aman bagi ibu hamil untuk bepergian yaitu pada usia kandungan 4 – 6 bulan. Itupun jika sang ibu dalam kondisi sehat.
  3. jangan bepergian seorang diri, pastikan anda ditemani dengan orang terdekat,bisa dengan orang tua, saudara, ataupun dengan suami, karena untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sewaktu perjalanan.
  4. gunakanlah kendaraan yang bisa membuat anda nyaman dan aman, jika naik kendaraan umum, pastikan anda mendapatkan tempat duduk yang sedikit luas, tidak berdesak-desakan.
  5. Hindari memakai sepatu yang haknya tinggi, karena penggunaan sepatu tinggi akan lebih cepat lelah, dan pegal, dan cukup beresiko terjatuh yang bisa membahayakan ibu dan anak yang sedang dikandung. Pakailah sendal plat atau sendal datar karena lebih nyaman dan aman.
  6. Gunakanlah pakaian yang nyaman, longgar, menyerap keringat
  7. Pastikan selalu membawa bekal makanan dan minuman, makanan dan minuman yang dibawa haruslah yang sehat, seperti sayur, ikan , buah-buahan, jus dan air mineral. Hindari membawa makanan ringan tidak sehat, seperti keripik, ciki, minuman bersoda, dan makanan instan lainnya.
  8. bawalah vitamin dan obatan-obatan yang anda perlukana, karena untuk manjaga kondisi sang ibu tetap sehat.
  9. Jangan membawa barang berlebihan dan berat, bawalah barang-barang seperlunya saja. supaya tidak merepotkan pada saat perjalanannya nanti.
  10. Jika ditengah-tengah perjalanan sudah merasa capek, lelah, sebaiknya anda berhenti dulu sebentar untuk beristirahat. Jika didalam kendaraan bisa tidur sebentar, atau bisa melakukan peregangan untuk melepaskan lelah dan pegal.
  11. Dan yang terakhir yang perlu dipersiapkan saat wanita hamil bepergian jauh, yaitu harus selalu membawa kartu asuransi kesehatan, karena tidak ada yang tahu  pada saat perjalanan, anda akan mengalami hal-hal yang tidak terduga sebelumnya, dan segala kemungkinan bisa saja terjadi, harus dipersiapkan semaksimal mungkin.

Demikian itulah informasi mengenai tips aman bepergian saat hamil muda yang bisa kita share kepada anda, semoga perjalanan anda menyenangkan, dan terimakasih.