Ini Loh 5 Hal Yang Wajib Kamu Lakukan Untuk Menikmati Wisata Wakatobi

Wisata Wakatobi tidak hanya sebatas menikmati kekayana alamnya yang beragam. Namun, masih ada sederet hal yang harus kamu lakukan ketika sudah menginjakkan kaki di pulau yang satu ini. Lokasinya di Kabupaten Wakatobi, yaitu Sulawesi Tenggara. Taman Nasional Wakatobi sudah diresmikan sejak tahun 1996 dan sekaligus menjadi Taman Nasional Laut terluas yang kedua di Indonesia. Tak tanggung-tanggung, Wakatobi adalah rumah bagi 90% karang yang ada di dunia, ditambah dengan 942 spesies ikan, bahkan lebih!

Sebelum berkunjung ke Wakatobi, kamu perlu tahu bahwa Wakatobi adalah empat gugusan pulau, mulai dari Binongko, Kaledupa, Tomia, serta Wangi-wangi. Nah, bagaimana kamu bisa menikmati Wisata Wakatobi dengan kondisi pulau yang berbeda-beda? Tenang saja, kamu bisa melewatkan liburan terbaik di Wakatobi dengan melakukan hal berikut.

Ini Loh 5 Hal Yang Wajib Kamu Lakukan Untuk Menikmati Wisata Wakatobi

  1. Menjelajahi Roma

Roma? Jangan salah duu, Roma, House Reef, Cornucopia, Coral Garden, adalah beberapa dari ratusan titik selam yang ada di perairan Wakatobi. Empat titik selam ini bahkan telah mengundang decak kagum para penyelam dunia loh. Roma terletak di perairan Pulau Tomia. Ketika memasuki tempat ini, kamu akan takjub dengan gerombolan ikan, red-tooth tigerfish, dan masih banyak yang lainnya, termasuk rumput laut dan karang. Untuk menikmati pemandangan yang seperti ini, sebaiknya berkunjung ketika suhu kawasan tersebut adalah 26 sampai 30 derajat Celcius, tepatnya sepanjang April sampai Mei serta Semptember sampai November. Pesanlah penginapan lebih awal.

  1. Kuliner Wakatobi

Liburan jangan sampai tanggung. Kalau sudah mampir dan wisata Wakatobi di depan mata, anda juga wajib kuliner disana. Wakatobi terkenal dengan Kasuami yang begitu menggoyang lidah. Merupakan pengagnti nasi, dibuat dari bahan utama singkong yang diparut, kemudian dibentuk tumpeng lalu dikukus. Biasanya disajikan dengan sup ikan parende atau ikan kakap merah. Kuliner lainnya adalah luluta, heloa sira, dan ayam panggang juga kelapa. Enak pokoknya!

  1. Kunjungi Suku Baju Dengan Naik Perahu

Kalau bicara tentang perahu, mungkin selalu membuat kamu terbayang dengan wisata Venesia. Tapi, kamu juga bisa kok menikmati liburan di Wakatobi dengan asik naik perahu, yaitu berkunjung ke suku Bajo. Suku ini adalah penduduk asli Wakatobi dan mereka identik dengan perahu sebagai transportasi utama. Mereka adalah suku yang begitu dekat dengan laut. Rumahnya saja terbuat dengan bentuk rumah panggung, bangunannya unik karena mereka menancapkan kayu di batu karang untuk membangun rumah.

  1. Mendaki Bukit Kayangan di pulau Tomia

Wakatobi tidak hanya cantik dengan pemandangan bawah lautnya saja, tapi juga tampak mengagumkan jika dipandang dari ketinggian. Letaknya di Pulau Tomia, Bukit Kayangan adalah lokasi tepat untuk menikmati gugusan pulau Wakatobi. Selain berkemah, wisatawan dapat menikmati pemandangan matahari tenggelam dan langit berbintang. Uniknya, Bukit Kayangan dulunya adalah dasar lautan, sebab fosil karang purba banyak ditemukan oleh para mahasiswa dan ilmuwan.

  1. Island Hopping

Wisata Wakatobi membuat kamu harus pintar-pintar mengatur waktu sebab kamu tidak bisa singgah di satu pulau saja, kurang afdhol. Setiap pulau, pasalnya, menawarkan kecantikan dan keunikan sendiri-sendiri. Di pulau Wangi-wangi, kamu bisa menyewa kapal cepat untuk mengakses pulau lainnya. Di pulau Kaledupa, kamu bisa menikmati naik perahu kecil untuk mencapai pulau-pulau kecil lainnya di sekitar.

Pulau Hoga sampai saat ini menjadi favorit banyak wisatawan, terutama untuk mereka yang ingin menikmati kesunyian, jauh dari hingar-bingar. Pantai bergaris panjang dengan pasirnya yang lembut tentu membuat wisata Wakatobi kamu lebih santai. Bahkan, pulau Kaledupa serta Binongko juga tidak boleh dilewatkan.