Travelling Bareng Anak? Ini Hal Yang Wajib Diperhatikan Sebelum Booking Hotel

Travelling sendirian mungkint diak akan rumit untuk mengatur dan memilih hotel. Namun, bagaimana jika pada kesempatan kali ini kamu harus membawa anak? Solo traveling membuat kamu bisa memutuskan apapun secara cepat, memilih hotel yang mana, kamar yang mana, atau lainnya tanpa adanya pertimbangan yang rumit. Akan tetapi, hal ini jadi sedikit berbeda ketika harus bepergian bersama anak. Kamu harus merencanakan semuanya dengan baik supaya anak pun tetap nyaman saat ikut liburan.

Travelling Bareng Anak? Ini Hal Yang Wajib Diperhatikan Sebelum Booking Hotel

Lantas, apa saja yang wajib kamu perhatikan sebelum booking hotel? Berikut informasi yang bisa kamu simak.

  1. Usia Anak dan Peraturan Hotel

Tentu saja, masing-masing hotel punya kebijakannya sendiri-sendiri, termasuk dalam hal anak-anak. Beberapa hotel mengijinkan anak pada usia tertentu untuk menginap gratis di ruang hotel dengan tempat tidur yang sama dengan orangtuanya. Bahkan, beberapa hotel yang baik akan menyediakan ranjang tidur bayi tanpa biaya tambahan. Biasanya, fasilitas ini dapat diberikan untuk anak yang masih dibawah lima tahun. Akan tetapi, beberapa hotel khusus di Bali tidak menerima tamu di bawah usia 12 tahun. Itu artinya, kamu harus menanyakan pada pihak hotel tentang hal ini sebelum memilih hotel tersebut untuk menginap.

  1. Kamar Connecting vs. Kamar Adjoining

Apa itu kamar connecting dan kamar adjoining? Keduanya berbeda dan masing-masing ada keuntungannya sendiri. Untuk kamar connecting, adalah dua kamar. Keduanya bersebelahan dengan adanya akses masuk antara satu kamar dengan kamar yang lain. Artinya, kamu tidak perlu keluar membuka pintu luar. Untuk kamu yang harus tetap mengawasi anak-anak, kamar seperti ini adalah kamar yang ideal. Sedangkan kamar adjoining adalah dua kamar, bersebelahan dan tidak ada pintu penghubung di dalam. Jenis kamar ini sangat ideal untuk keluarga yang harus menginap bersama anak remaja.

  1. Kamar Dengan Bathtub

Memilih kamar dengan bathtub akan membuat kamu lebih mudah memandikan buah hati. Berbeda dengan kamar dengan shower yang membuat kamu harus ikut basah kuyub ketika memandikannya. Bathtub juga cocok untuk membuat anak merasa rileks setelah seharian menghabiskan waktu di luar ruangan.

  1. Kosongkan Minibar

Untuk kamu yang harus traveling dengan buah hati yang masih membutuhkan ASI, waktunya untuk meminta pihak hotel mengosngkan mini bar. Mini bar adalah lemari es yang biasanya diletakkan di kamar hotel dengan berbagai minuman dan makanan ringan didalamnya dan itu tidak gratis. Ketika kamu tidak mungkin membawa kotak pendingin untuk ASI, maka kosongkan minibar. Mintalah ketika kamu hendak check-in. Dengan demikian, kamu bisa menggunakannya untuk stok ASI. Biasanya, jika tidak bisa mengosongkan minibar, pihak hotel akan menyediakan lemari es tambahan.

  1. Cari Hotel Dengan Fasilitas Kolam Renang Untuk Anak

Ketika berlibur bareng anak, anak juga membutuhkan sesuatu untuk menyegarkan pikiran mereka. Hal ini juga penting agar mereka juga tetap betah ketika meninggalkan rumah. Bagi anak, kolam renang merupakan tempat menyenangkan. Ketika di dalam rumah mereka dilarang untuk bermain basah-basahan, mereka akan merasa bebas saat liburan dengan adanya fasilitas kolam renang. Sayangnya, tidak semua hotel menyediakan kolam renang anak. Untuk itu, pastikan kamu memilih hotel yang menyediakan fasilitas kolam renang anak. Tidak masalah jika tidak ada, asal kamu bisa menggunkan kolam renang dewasa yang tetap aman untuk anak.

Itulah tips yang dapat kamu coba ketika hendak travelling bareng anak, semoga bermanfaat dan selamat liburan!